Cara Pertolongan Pertama Jika Jantung Berdetak Tak Normal


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Hanya sekedar berbagi dari apa saya rangkum dari sebuah jurnal General Hospital Rochester published on no.204 tentang Pertolongan pertama pada pada serangan jantung. Semoga bermanfaat.

 

Banyak orang (terutama keluarga dan kerabat Adji Masaid) yang mungkin tidak menyangka, seorang Adji yang terlehat segar bugar, usianya masih muda, dan aktif berolah raga, tiba-tiba terdengar kabar kematiannya diakibatkan serangan jantung. Selepas futsal kemarin sore saya dan teman2 di rumahpun banyak berbicang tentang peristiwa meinggalnya basuki srimulat (mas Karyo) dan Adji yang keduanya meninggal setelah bermain futsal,bahkan seorang teman saya berseloroh “makanya jangan main futsal, bisa-bisa kena serangan jantung juga.:)

 

dalam artikel ini memberikan petunjuk misalnya saat sekarang,setelah anda sibuk bekerja seharian,anda dalam perjalanan pulang dengan mengedarai mobil sendirian.tiba tiba anda sangat merasaan sakit di dada dan mulai menjalar ke lengan dan dagu.

 

Tetapi jarak rumah sakit yang terdekat kira kira masih 5 km,lebih celakanya lagi ada tidak tahu apa anda mampu bertahan sampai sejauh itu.saat sendirian,kena serangan jantung,bagaimana cara pertolongan pertamanya?

 

seseorang ketika jantung nya tidak dapat berdenyut secara normal serta merasa hampir pingsan. ia hanya mempunyai waktu kira kira 10 detik,setelah itu akan hilang kesadaran dan pingsan. jika sekitarnya tidak ada orang memberi pertolongan pertama,penderita harus memanfaatkan 10 detik yang singkat ini usaha untuk menolong diri sendiri.

 

Harus bagaimana ?

Jawab nya nya : JANGAN PANIK,USAHA KAN BERBATUK TERUS DENGAN SEKUAT TENAGA,SETIAP KALI SEBELUM BATUK,HARUS TARIK NAPAS DALAM DALAM,KEMUDIAN BERBATUK DENGAN KUAT KUAT,DALAM DALAM DAN PANJANG PANJANG,seperti mengeluarkan dahak yang berada dalam dada.

SETIAP SELANG 2 DETIK HARUS TARIK NAPAS SEKALI KALI DAN BERBATUK SEKALI,hingga pertolongan tiba,atau kalau merasa denyut jantung sudah normal ,baru boleh beristirahat.

Tujuan tarik napas : untuk memasuk kan oxygen ke dalam paru paru

 

Tujuan batuk : untuk menekan jantung,agar aliran darah bersikulasi.menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal.

 

Pertolongan cara ini maksudnya,agar si penderita mempunyai kesempatan untuk pergi ke rumah sakit.

 

Jangan kira bila berumur kurang dari 30 tahun tidak mungkin terkena serangan jantung. Siapa tahu dengan menyalurkan hal ini anda ikut membantu sesama.

 

Serangan Jantung dapat terjadi pada siapa saja,hati-hati.!

 

Diambil dari sebuah note teman di facebook.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s