Super Junior – Idola Nasional Korea Selatan


ASIANplus edisi 426 -GRUP IDOLA

 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Lee Teuk memandu acara baru tvN 50 Million Big Questions bersama komedian Shin Dong Yup. Super Junior yang tak lain adalah grup musik Lee Teuk didapuk sebagai bintang tamu untuk episode pertama. Di acara ini, mereka mendapat pertanyaan tak terduga. Dari sana, mereka baru “menyadari” jika

grupnya dianggap sebagai “idola nasional” Korea Selatan.

Pertanyaan Buat Personel Tertegun

 

Sesuai dengan judul acaranya, 50 Million Big Questions disebutsebut mewakili pertanyaanpertanyaan

dari 50 juta warga Korea Selatan. Pertanyaan yang dilontarkan kepada bintang tamu didasarkan pada survei yang dilakukan sebelum acara, termasuk gambar dan rekaman penampilan para artis di masa lalu. 50 Million Big Questions juga bekerja sama dengan situs Cyworld Music yang menyediakan satu halaman khusus di mana masyarakat bisa menulis pertanyaan- pertanyaan yang ingin mereka tanyakan kepada sang idola. Nantinya pertanyaan-pertanyaan itu akan diseleksi dan kemudian ditanyakan langsung di acara 50 Million Big Questions. Acara ini juga mendatangkan para ahli di bidangnya untuk membahas topik tiap episode yang berbeda. Para bintang tamu yang dipilih tidak akan pernah bisa menduga pertanyaan jenis apa yang dikirim untuk mereka, termasuk Super Junior. Episode pertama yang mendatangkan Super Junior ditayangkan pukul 12 tengah malam pada 6 Mei lalu. Saat itu mereka diberi pertanyaan yang cukup menarik, “Super Junior, apa yang harus saya lakukan untuk menjadi penyanyi idola nasional seperti kalian yang akan terus menerima dukungan setelah 10 tahun lamanya?” Waktu itu Super Junior tidak datang dengan formasi lengkap, hanya diwakili oleh Shin Dong, Ye Sung, dan Hee Chul. Ketika menjawab pertanyaan ini, Lee Teuk ikut bergabung sebagai leader grup. Usai acara, Super Junior meninggalkan studio dalam keadaan tertegun setelah mereka mengungkapkan tips tentang bagaimana supaya bisa menjadi seperti “Super Junior, idola nasional yang menerima cinta dari masyarakat setelah 10 tahun”. Personel Super Junior masih tidak bisa melupakan pertanyaan itu. “Ini pertama kalinya saya berkomitmen dengan diriku sendiri untuk syuting acara seperti ini sampai acaranya selesai,” kata Ye Sung. “Pertanyaan itu langsung menancap ke hatiku. Membuatku merinding, sungguh menakjubkan,” tambah Shin Dong. Jo Sang Bum selaku produser mengatakan acara ini memang dibuat apa adanya seperti itu. “Konsep acara ini adalah untuk menunjukkan sisi hangat para artis dalam menjawab pertanyaan masyarakat. Penonton bisa melihat bagaimana reaksi mereka saat mendapat pertanyaan-pertanyaan,” kata Sang Bum.

“Laris” di Twitter

 

Super Junior mendapat gelar artis dengan jumlah follower (pengikut) terbanyak di Twitter versi Star News. Tanggal 4 Mei lalu, Star News mengumpulkan nama-nama artis idola Korea seperti SS501, Super Junior, Big Bang, 2PM, dan BEAST, serta membandingkan jumlah fans mereka di situs jejaring sosial yang mereka punya seperti Twitter dan me2day. Dari survei itu, Super Junior memiliki jumlah fans terbanyak. Selama ini tiga belas personel Super Junior sangat aktif di Twitter. Kecuali Han Geng, Kang In, dan Sung Min, sepuluh personel lainnya memiliki situs Twitter. Star News menulis Lee Teuk punya sekitar 359.230 follower, dan Hee Chul punya 458.492 follower (hingga tulisan ini dibuat follower Lee Teuk sudah mencapai 363.930 orang dan Hee Chul sebanyak 463.825 orang). Sedangkan Dong Hae mendapat follower lebih banyak, yaitu 493.885 orang. Dia pun menjadi personel Super Junior yang memiliki follower terbanyak, diikuti oleh Si Won (444.642 follower), Ye Sung (339.883 follower), Shin Dong (352.605 follower), Eun Hyuk (350.564 follower), Ryeo Wook (301.543 follower), Ki Bum (140.802 follower), dan Kyu Hyun (269.583 follower). Dari data yang didapat Star News di atas, masing-masing personel Super Junior diketahui memiliki jumlah follower lebih dari 100 ribu orang, khususnya Hee Chul, Dong Hae, dan Si Won yang memiliki rata-rata

400 ribu follower. Dengan demikian, Super Junior menempati posisi teratas artis Korea dengan jumlah follower tertinggi. Sementara di posisi 2 ada 2PM yang jika semua jumlah follower personelnya digabung menjadi sekitar 210 ribu orang, dan Big Bang yang berada di posisi 3 dengan jumlah follower sebanyak 180 ribu orang.

Diidolakan di Meksiko

Selain Asia, nama Super Junior juga terpilih sebagai grup idola terpopuler di Meksiko. Kabar ini didapat dari jaringan TV berbahasa Spanyol, TV Azteca. Beberapa waktu lalu TV Azteca mengadakan survei untuk mengetahui siapa artis Kpop yang sangat populer di sana. Hasilnya, dari total 32.851 orang yang mengikuti survei, memilih Super Junior dengan perolehan suara sebanyak 8.517 suara (25.67%). Di bawah Super Junior ada artis terkenal Kpop lainnya seperti SHINee, Girls’ Generation, SS501, Big Bang, Wonder Girls, 2NE1, BEAST, U-Kiss, FT Island, CN Blue, 2PM, Miss A, dan BoA.

Lee Teuk Kelelahan, Masuk Rumah Sakit

Baru-baru ini Lee Teuk masuk rumah sakit karena mengalami kelelahan yang luar biasa. Hal ini membuat fans prihatin dengan kondisi kesehatan- nya. “Kelelahan… saya sedang di rumah sakit untuk mendapat perawatan IV,” tulis Lee Teuk di Twitternya (http://twitter. com/special1004). Status ini dibuatnya setelah Super Junior menyelesaikan konser mereka di Vietnam sebelum kembali ke Korea pada 8 Mei lalu. Setiba di Korea Selatan, Lee Teuk dibawa ke rumah sakit karena mengalami kelelahan yang cukup parah. Di sana dia mendapat suntikan IV dan diperintahkan dokter untuk beristirahat yang cukup. “Lee Teuk rawat inap di rumah sakit demi kesembuhannya. Jika kondisinya sudah tidak terlalu parah, dia diperbolehkan keluar dari rumah sakit dan kembali ke asrama untuk beristirahat,” jelas perwakilan SM Entertainment. Para netter pun merasa prihatin dengan kondisi Lee Teuk. “Tolong kamu istirahat saja…” komentar seorang netter. “Kerja memang penting, tapi kesehatan juga sangat penting,” kata netter lain memberi nasehat. Intravenous Teraphy (terapi intravena) atau biasa disebut IV adalah jenis perawatan yang tidak asing di kalangan para artis. IV dilakukan dengan memberikan zat obat-obatan khusus langsung ke pembuluh darah. Terapi intravena dapat digunakan untuk memperbaiki ketidakseimbangan elektrolit, transfusi darah atau sebagai pengganti cairan supaya tidak dehidrasi.

Ye Sung Jadi Peserta Variety Show Immortal Song 2

Ye Sung positif akan bergabung menjadi salah satu peserta variety show KBS Immortal Song 2. Menariknya, keenam peserta yang semuanya terdiri dari para artis akan berkompetisi untuk menyanyikan lagu yang telah disiapkan oleh tim acara. Tanggal 4 Mei lalu, produser Kwon Jae Young mengumumkan daftar pesertanya. “Chang Min (2AM), Hyo Rin (SISTAR), Yo Seob (BEAST), Min (miss A), Ye Sung (Super Junior), dan IU akan tampil bersama. Akan menyenangkan jika mereka bisa menyanyikan lagu Shim Soo Bong. Santai saja, jangan terlalu gugup,” tulis Jae Young di Twitternya. “Jong Hyun (SHINee) tidak bisa ikut bergabung karena jadwalnya bentrok dengan jadwal syuting kami. Saat ini kami tengah berdiskusi dengan Jun Su 2PM sebagai peserta tambahan,” jelas perwakilan KBS beberapa waktu lalu. Syuting pertama Immortal Song 2 dilakukan 16 Mei lalu, dan akan ditayangkan pada bulan Juni mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s