Yoon Sang Hyun as Choi Woo Young / Oska (Joo Won’s cousin) – Mencuri Perhatian Lewat Peran Oska di “Secret Garden


SIAPA bilang serial drama remaja harus dimainkan aktris dan aktor remaja juga? Di Secret Garden, Anda tak menemukan aktor dan aktris berusia belasan atau awal dua puluhan di jajaran bintang utama.

Hyun Bin si pemeran Kim Joo Won, yang tengah menunaikan tugas wajib militer, usianya sudah 29 tahun. Ha Ji Won yang melakonkan tokoh Gil Ra Im sudah berusia 33 tahun. Sementara peran Oska dimainkan Yoon Sang Hyun yang usianya bahkan sudah 38 tahun! Istilah “makin tua makin menjadi” tergambar di serial ini.

Tiga tokoh sentral ini membawa Secret Garden sebagai salah satu drama favorit tahun ini, mengusung kisah cinta dengan konflik ala remaja: tak jauh-jauh dari masalah gengsi, cemburu, status sosial, dan pihak ketiga.

Sebagai pemeran pendukung dan disandingkan dengan lawan main yang usianya jauh lebih muda, Yoon Sang Hyun menjadi scene stealer alias pencuri perhatian. Perannya sebagai Oska, sepupu Kim Joo Won (diperankan Hyun Bin) yang berprofesi penyanyi, salah satu yang menonjol. Demam Secret Garden antara lain didukung kecintaan penonton akan karakter Oska yang unik. Model rambutnya yang agak feminin cocok diaplikasikan fans wanita. Pernak-pernik berbau Oska seperti kaus kaki bergambar Oska pun laris manis.

Adegan ciuman yang kocak dengan Hyun Bin di Secret Garden. (dok.ist)

Penampilan Yoon Sang Hyun sebagai Oska pun lain dari sebelumnya. Oska, sebagai penyanyi papan atas, memegang peran penting dalam industri musik Korea. Oska digambarkan sebagai sosok artis yang eksentrik dengan model rambut poni samping yang eksis, karakternya agak narsis, playboy, dan mudah bergaul dengan wanita. Namun di lubuk hatinya yang dalam, Oska bukanlah pria yang suka mempermainkan wanita. Hatinya pernah terluka karena cintanya terhadap Seul (diperankan Kim Sa Rang) berantakan karena kesalahpahaman.

“Meski aku tak menolak jika para wanita mendekatiku, aku tak akan menghentikan jika mereka menjauhiku. Aku berterima kasih kepada para wanita yang datang dalam hidupku, tapi aku lebih berterima kasih kepada mereka yang pergi,” begitu cara Oska memandang wanita. Berbeda karakter dengan Kim Joo Won yang kaku karena biasa berkecimpung di dunia bisnis, sebagai seniman Oska lebih luwes bergaul. Jika Kim Joo Won mewarisi kecerdasan sang kakek, Oska terlahir dengan karisma yang kuat sehingga mampu meluluhkan hati para gadis dengan mudah. Gil Ra Im (Ha Ji Won) salah satu fan beratnya.

Tak bisa dipungkiri, keberadaan Oska membuat kisah Secret Garden makin menarik. Di beberapa adegan ia muncul sebagai sosok yang mencairkan suasana. Di adegan lain, kisah masa lalu cintanya yang begitu membekas membuat penonton terhanyut syahdu. Adegan berciuman dengan Hyun Bin salah satu momen paling kocak di serial ini. Untungnya hanya ciuman lucu-lucuan, tak melibatkan emosi. Yoon dan Hyun Bin melakukannya tanpa beban. “Saya sangat nyaman dengan adegan ciuman itu karena tak ada tekanan untuk menyelesaikan adegan itu dengan cepat,” kata Hyun Bin.

“Saya pikir sutradara berhasil menangkap momen mendebarkan hati di antara pria dan wanita yang jatuh cinta pada pandangan pertama. Tapi Oska akan muncul sesekali dan bertingkah lucu untuk mencairkan suasana. Jadi saya pikir drama ini memiliki cara untuk membuat penonton tetap duduk di bangku mereka, hahaha. Dan juga, rasanya menyenangkan menonton setiap tokoh dengan karakter unik, dan menurut saya ini serial yang membuat penonton mengingat kisah cinta pertama mereka,” urai Yoon.

 

Menangis di kamar mandi

Merintis karier di dunia hiburan bukan perkara mudah bagi aktor kelahiran 21 September 1973 ini. Mengawali karier akting pada 2005 dengan membintangi serial Marrying a Millionaire, Yoon merasakan jatuh bangun. Debut aktingnya dianggap biasa, wajahnya pun tak diingat orang. Tekanan demi tekanan dirasakannya, hingga seorang Yoon Sang Hyun yang berwajah tegas dan gagah pernah menangis di kamar mandi, tak ingin meneruskan karier akting.

“Saya merasakan tekanan mental yang besar dan harus menghafal skenario. Ketika saya ke lokasi syuting, kepala saya semakin gelap. Satu adegan yang seharusnya bisa diambil dalam 20-30 menit, diambil selama 2-3 jam gara-gara saya. Setelah mengerjakan tiga episode, saya berpikir tak akan lanjut menjadi aktor. Saya bahkan bicara kepada agensi saya dan berpikir hanya akan bertahan hingga kontrak selesai, lalu pergi,” akunya.

Akan tetapi perasaan ragu dan putus asa itu berubah optimistis pada 2007. “Saya berubah pikiran setelah bermain di Winter Bird,” ujarnya. Tokoh Tae Bong dimainkan dengan baik. Ia mulai jatuh cinta pada akting. “Di proyek debut saya, Marrying a Millionaire, saya hanya meniru saat berakting. Saat bermain di Winter Bird saya menyadari, seorang aktor harus mempersiapkan banyak hal di luar skenario. Bahkan jika karakternya bagus, tapi aktingnya jelek, Anda bisa jatuh ke posisi paling bawah. Itulah saatnya saya belajar bagaimana caranya membuat karakter,” urainya.

 

 

 

Bantah gosip dengan Yoon Eun Hye

Yoon Sang Hyun makin diterima publik lewat perannya di Queen of Housewives dan The Secret of Coco. Di luar akting, Yoon Sang Hyun juga menyanyikan lagu “Never Ending Story”, yang  mengisi soundtrack serial Queen of Housewives. Lagu ini bahkan meraih penghargaan di Mnet Choice Awards 2009 sebagai Hot Boom Up Song. Suaranya yang berat dan cocok untuk lagu-lagu mellow juga mengisi soundtrack serial My Fair Lady. Ia berduet dengan Yoon Eun Hye, menyanyikan lagu “Romance”.

Kemesraannya bersama Eun Hye dalam berakting maupun menyanyi bahkan memunculkan gosip asmara. Namun Yoon Sang Hyun membantah. “Kami berakting dan sangat dekat saat syuting karena kami memiliki hubungan seperti kakak-adik. Saya rasa para kru salah paham terhadap hubungan kami karena hal itu. Dia tetaplah seperti adik bagi saya. Meski serialnya sudah berakhir, kami masih tetap saling menghubungi,” jelasnya. Demam Secret Garden dan Oska perlahan-lahan meredam gosip ini.

Kini fans menantikan penampilan lain Yoon Sang Hyun di serial bergenre melodrama terbarunya,Can’t Lose. Beradu peran dengan aktris senior Choi Jiwoo, Yoon kali ini memainkan peran pengacara yang mengalami masalah dalam perceraian. Rencananya, serial ini tayang 24 Agustus di stasiun TV MBC, sebagai pengganti Heartstring yang sudah memasuki bagian akhir. Meski usianya terbilang tak muda, Yoon masih terus menyematkan harapan pada karier aktingnya. “Saya ingin menjadi aktor yang berakting bagus ketimbang menjadi aktor tampan, seseorang yang menganggap bagian dalam (kemampuan) lebih penting dari penampakan luar. Di masa yang akan datang, saya ingin menjadi aktor seperti Song Kang Ho sunbae, dan sangat ingin mendapat kesempatan berakting sebagai karakter berdarah dingin juga,” harapnya. Semoga terwujud!

 

(tabloid bintang indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s