6 Perbedaan Antara Hubungan Sehat dan Tidak, Gimana Dengan Hubunganmu?



Kamu sedang menjalin sebuah hubungan sekarang. Hmm… apakah kamu lagi galau sebenarnya gimana sih status hubungan kamu itu? Apakah semuanya berjalan dengan lancar? Atau…. Hubungan ini tidak seperti yang kamu inginkan selama ini? Satu hal yang wajib dilakukan, kamu harus memastikan bahwa hubungan kalian sehat. Apa sih bedanya hubungan yang sehat dan tidak?
1. Memberi dengan ikhlas v.s memberi dengan pamrih

Source: http://thethoughtsofasimpleman.com/wp-content/uploads/2015/02/givinghearts.jpg
Apakah kamu mencintai pasanganmu benar-benar ikhlas tanpa memandang hal lainnya? Kalau ya, selamat! Berarti hubungan kalian memang sehat. Namun, kalau kamu memperhitungkan uang, penampilan, koneksi, serta hal lainnya dalam membina hubungan, artinya hubunganmu itu kurang sehat.
2. Menerima pasangan v.s memaksa pasangan untuk berubah

Source: http://i.huffpost.com/gen/1218688/thumbs/o-SELF-CONTROL-RELATIONSHIPS-facebook.jpg
Saat pacaran, kamu tentu tau hal-hal jelek tentang pasanganmu. Misalnya saja, dia selalu berantakan dalam meletakkan barang, karena memang tipe orangnya berantakan. Kalau hubungan kamu sehat, kamu seharusnya bisa menerima hal tersebut dengan lapang dada. Itu adalah sifat dasar, dan merupakan ciri khas dari kepribadiannya.
Kalau hubungan yang tidak sehat, kamu akan memaksa pasangan untuk berubah seperti yang kamu inginkan, dimana hal itu akan menyiksa pasangan kamu. Namun, untuk kebiasaan buruk lain seperti bersendawa didepan umum, kaki digoyang-goyang saat duduk, tentu kamu harus menasehati serta berusaha memperbaiki kebiasaan buruk tersebut.
3. Bertindak dengan sukarela v.s dengan ancaman

Source: http://cdn.sheknows.com/articles/2014/04/Mike/Sponsored/1035053/Woman-cooking-pasta-sauce.jpg
“Aku jemput gapapa, asalkan kamu harus bolos kuliah besok ya buat nemenin aku.” Wah, wah. Ini adalah hubungan yang nggak sehat banget! Kalian saling memanfaatkan satu sama lain. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang melakukan segala sesuatu dengan sukarela dan tanpa pamrih.
4. Menjaga privasi masing-masing v.s mengumbar privasi

Source: http://www.publicdomainpictures.net/pictures/30000/nahled/private-keep-out-sign.jpg
Apa yang terjadi didalam hubungan kalian, seharusnya menjadi rahasia kalian sendiri. Jangan pernah diumbar ke orang lain, termasuk teman sendiri. Kalau kalian sudah saling menjelek-jelekkan pasangan didepan orang lain, artinya hubungan kalian sudah nggak sehat lagi.
5. Pengertian v.s balas dendam

Source: http://static.guim.co.uk/sys-images/Lifeandhealth/Pix/pictures/2014/9/18/1411043629031/Couple-embracing-010.jpg
“Maaf ya… aku memang salah.” Setelah pasangan meminta maaf dengan tulus, seharusnya kamu mengerti dan dengan cepat melupakan kesalahannya. Namun, karena hubungan nggak sehat, kalian merencanakan pembalasan dendam terhadap pasangan.
6. Fokus pada “AKU” v.s menjalankan impian bersama

Source: http://3.bp.blogspot.com/-xgHKmjpL4d8/Ue_BrKxVmlI/AAAAAAAAA7I/SEzmeWp_Gb8/s1600/Gift+Ideas+for+Boyfriend+for+Anniversary.jpg
Namanya juga pasangan. Nggak ada lagi yang namanya “aku”. Kalian harus bergerak bersama-sama, dan berjuang bersama. Kalau kalian masih mempedulikan diri dan kepentingan masing-masing diatas kepentingan bersama, artinya hubungan kalian tidak sehat.

Sumber : http://hello-pet.com/quiz?id=19357

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s